Trigonometri

Trigonometri

Selamat datang di halaman Trigonometri! Langkah awal kamu untuk belajar online!

Trigonometri (trigonon = tiga sudut) dan metro = mengukur) adalah sebuah cabang matematika yang membahas mengenai relasi antara sudut dan sisi pada segitiga, terutama segitiga siku-siku. Pelajaran ini juga identik dengan beberapa istilah-istilah seperti sinus (sin), cosinus (cos), tangen (tan), cosecan (cosec), secan (sec), dan cotangen (cot).

Untuk menguasai pelajaran ini, kamu harus terlebih dahulu menguasai konsep dasar segitiga, terutama segitiga siku-siku. Segitiga siku-siku memiliki 3 buah sisi, yaitu sisi miring, sisi samping, dan sisi depan. Selain itu, segitiga siku-siku memiliki 3 sudut, yaitu sudut tegak lurus, sudut depan, dan sudut samping, dimana jika dijumlahkan, ketiga sudutnya berjumlah 180°.

Pelajaran ini merupakan sebuah konsep yang sangat penting bagi matematika dan kehidupan manusia. Beberapa aspek, seperti astronomi dan geografi, terafiliasi dengan penggunaan rumus trigonometri di dalamnya. Oleh karena itu, penting untuk kamu mempelajari dan menguasai pelajaran ini.

1. Trigonometri Dasar

Jika kamu tidak mengerti sama sekali mengenai pelajaran ini, bab trigonometri dasar menjadi bab yang harus kamu kuasai terlebih dahulu. Di dalam bab ini, kamu akan diperkenalkan dengan pengertian trigonometri, penjabaran sisi segitiga, istilah-istilah yang biasa dipakai, dan rumus trigonometri dasar yang dipakai.

Pada bab ini, kamu akan dibiasakan untuk menggunakan rumus trigonometri dasar, seperti rumus sinus, rumus cosecan, ataupun rumus cotangen. Selain itu, kamu akan mempelajari beberapa bab, seperti: perbandingan sudut istimewa, perbandingan sudut berelasi pada kuadran satu, sudut lebih dari 360°, perbandingan sudut negatif, dan koordinat kutub.

Bab ini memuat banyak teori dan rumus dasar yang digunakan. Oleh karena itu, kamu harus tetap fokus dalam mempelajari bab ini karena bab ini merupakan awalan dari pembelajaran mengenai trigonometri. Ditambah lagi, sering berlatih mengerjakan contoh soal trigonometri juga akan membantu kamu.
pengertian trigonometri dasar

2. Identitas & Persamaan

Selanjutnya, kamu akan belajar mengenai identitas & persamaan trigonometri. Identitas trigonometri adalah suatu operasi yang dilakukan untuk membuktikan dua buah pernyataan ekuivalen atau mengubah bentuk dari suatu pernyataan, sedangkan persamaan trigonometri adalah sebuah persamaan yang terdapat satu atau lebih fungsi trigonometri.

Ada satu korelasi antara identitas dan persamaan. Dalam menyelesaikan soal persamaan, kamu bisa menggunakan prinsip identitas untuk menyederhanakan persamaan ke dalam bentuk yang paling sederhana. Cara yang lain adalah menggunakan teknik aljabar untuk menyederhanakan persamaan.

Sekilas, kedua hal ini memang cenderung rumit dan sulit, tapi kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mengakses pelajaran ini di Wardaya College. Ada puluhan video pembelajaran interaktif yang akan membuat kamu semakin mengerti. Ditambah lagi, ada video mengenai contoh soal trigonometri dan pembahasannya yang juga bisa kamu akses kapanpun dan dimanapun.

3. Aturan Sinus, Aturan Cosinus, & Luas Segitiga

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pemahaman mengenai sifat-sifat dasar dan rumus-rumus dasar segitiga akan membantu kamu mempelajari materi ini. Hal ini dipelajari di materi aturan sinus, aturan cosinus, & luas segitiga. Materi ini akan membahas mengenai bagaimana aturan sinus dan cosinus bisa diaplikasikan ke dalam segitiga.

Aturan sinus bisa digunakan jika 2 sudut dan 1 sisinya diketahui atau 2 sisi dan 1 sudut segitiga diketahui, sedangkan aturan cosinus bisa diaplikasikan bila panjang sisi-sisi segitiga dan kosinus salah satu sudut dalam segitiga diketahui. Selain itu, kamupun bisa mencari luas sebuah segitiga jika sinus salah satu sudut diketahui.

Aturan sinus, aturan cosinus, dan luas segitiga ini penting untuk kamu kuasai. Untuk kamu yang belum memahami materi ini, kamu bisa mempelajarinya di Wardaya College. Ada puluhan video pembelajaran yang membahas contoh soal trigonometri dan pembahasannya.

4. Trigonometri Jumlah Dua Buah Sudut

Pada umunya, trigonometri jumlah dua sudut digunakan untuk menghitung sudut-sudut yang besarannya tidak ada di dalam sudut istimewa, misalnya sudut 18°. Dengan metode ini, kamu akan lebih mudah untuk menghitung sinus, cosinus, maupun tangen dari sudut-sudut tersebut.

Selain itu, materi ini juga bisa digunakan untuk melakukan pembuktian terhadap besaran sudut yang telah diketahui. Secara luas, beberapa materi yang akan kamu hadapi dalam materi ini, antara lain penjumlahan & pengurangan dua sudut pada sinus, penjumlahan & pengurangan dua sudut pada cosinus, tangen, dan sudut rangkap.

Pada dasarnya, kamu akan menemukan banyak rumus di materi ini, seperti rumus sin, rumus cos, dan rumus tan. Oleh karena itu, kamu perlu banyak berlatih mengerjakan contoh-contoh soal yang ada. Wardaya College memberikan wadah untuk kamu belajar lebih dalam mengenai pelajaran ini. Kamu juga bisa mendapatkan contoh soal dan pembahasannya.

5. Operasi Fungsi

Operasi fungsi trigonometri adalah sebuah operasi dasar pengaplikasian fungsi-fungsi dasar trigonometri. Pada dasarnya, operasi ini adalah operasi untuk menyederhanakan suatu pernyataan sehingga lebih mudah untuk dihitung secara matematis.

Dalam materi ini, kamu juga bisa membuktikan hasil penjumlahan, perkalian, ataupun pengurangan fungsi. Oleh karena itu, beberapa materi yang akan diberikan dan diajarkan kepada kamu dalam bab ini adalah penjumlahan fungsi, pengurangan fungsi, dan perkalian fungsi.

Jika pada awalnya kamu sudah paham mengenai fungsi dasar dalam pelajaran ini, kamu pasti juga mampu menyelesaikan soal-soal dalam materi operasi fungsi. Di Wardaya College, kamu juga akan menemukan materi operasi fungsi, dimana kamu akan diajarkan untuk melakukan pembuktian terhadap penjumlahan, pengurangan, dan perkalian fungsi. Tak lupa, kamu juga dituntut mahir dalam menyelesaikan soal-soal yang tersedia.

Belajar Trigonometri di Wardaya College

Secara umum, materi trigonometri merupakan materi yang banyak menggunakan rumus dalam penghitungannya. Oleh karena itu, kamu harus betul-betul memahami konsep materi yang dibahas, rumus-rumus yang digunakan, dan aplikasi rumus untuk menyelesaikan contoh soal.

Untuk itu, Wardaya College hadir untuk membantu kamu yang masih merasa kesulitan dengan pelajaran yang satu ini. Kamu bisa mendapatkan rumus-rumus dan cara pengerjaan soal yang paling mudah untuk dilakukan. Kamu bisa juga melakukan pembuktian dari hasil yang didapat. Setelahnya, kamu bisa melakukan uji coba dengan contoh-contoh soal yang diberikan.

sumber:

https://www.wardayacollege.com/matematika/trigonometri/

 

Leave a comment